Saturday, May 30, 2009

Cara Mudah Bikin Anti Hidden


File – file dalam sistem operasi windows dapat dengan mudah kita sembunyikan dengan mengubah atributnya menjadi hidden pada properti filenya (klik kanan pada file), truzz pilih menu Folder Options pada Windows Explorer n’ pilih Show hidden files and folders > klik OK.

folderoptions

Atau bisa juga lewat command prompt:

  • Pada menu Run ketik CMD, truzz Enter
  • Masuk ke direktori root (C:\), dengan perintah CD\. Atau bisa juga langsung ke drive yg diinginkan dg mengetikkan nama drive letter-nya misal D:
  • Nah pada drive D: kita bisa mengetikan perintah DIR ditambah parameter /A untuk melihat seluruh isi drive D: sekaligus semua file dan folder yg disembunyikan, urutan perintahnya seprti gambar dibawah ini:
dir
  • Untuk menyembunyikan sebuah file perintah dasarnya adalah:
    attrib +h [fileygmaudihidden] /s /d
  • Untuk menyembunyikan semua file pada drive D: lakukan dengan perintah attrib +h *.* /s /d . Dimana parameter /s dan /d untuk melakukan operasi pada tiap folder dan subfolder, sedngkan untuk semua nama file dan extensinya kita ganti tanda *.*. Tapi lain lagi masalahnya jika kita menemukan beberapa file yg terhidden dengan atribut system (eg. file yang disembunyikan oleh virus), maka perintah atribb tingal tambahkan prameter +s menjdi attrib +s +h *.* /s /d. Untuk memunculkanya tinggal ganti tanda + dengan tanda -

attribplusmin

  • atau ke folder options > pilih show hidden file and folder dan show file system.

Tapi gimana kalo virus yang melakukanya n’ udah memblokir akses ke menu Folder Options, misalnya menghilangkan menu folder options atau otomatis menutup menu tersebut ketika kita membukanya?. Kalo githu ceritanya, solusi yng mudah yaitu kita buat aja file batch yg berisi perintah di atas, misalnya perintah untuk menampilkan semua file hidden, truss kopiin aja pada notepad n’ simpen sebagai file batch yng berextensi *.bat seperti dibawah ini:

antinyumput

Jaaadi dech anti hiddennya ;) . Cara menggunakanya tinggal kita taro pada drive atau folder yang berisi file yang dihidden, truss doble klik anti hiddenya n’ tunggu ajah.. (sabar yah… :) )

0 comments:

Post a Comment

Powered By Blogger
Join 4Shared Now!
 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Revolution church Blogger Template by techknowl | Original Wordpress theme byBrian Gardner